Jumat, 22 Mei 2015

Program Kerja UAS Genap

  1. A.   Latar Belakang
Penilaian atas suatu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara terus menerus dan berjenjang, serta untuk mengetahui pencapaian target kurikulum dan daya serap siswa dalam setiap mata pelajaran yang diberikan.
Sebagai strategi upaya mewujudkan masyarakat yang berakhlak, tangguh, cerdas, terampil dan mandiri serta upaya mendukung penuntasan wajib belajar pendidikan dasar, yang kemudian diadakannya  pendidikan dimana hasil pendidikan dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan pembelajaran  dengan hasil program pendidikan  setelah melalui proses penilaian  dan evaluasi  yang mengacu kepada standar pendidikan nasional.
Dalam rangka pengembangan sistem dan alat pengujian  yang dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan sistem pengujian melaksanakan semacam standarisasi perangkat Tes Hasil belajar pada ulangan umum di tingkat wilayah.
Dengan dilaksanakannya ujian akhir semester selain untuk mengukur pencapaian hasil belajar sesuai dengan standar kemampuan lulusan, mengukur mutu pendidikan, dan diharapkan mempertanggungjawabkan program kepada masyarakat dan pemerintah.
Mengingat pentingnya penilaian yang menentukan keberhasilan suatu program belajar mengajar, maka dalam pelaksanaannya diperlukan organisasi yang baik dan terprogram.
  1. B.   Dasar/ Landasan Hukum
    1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
    2. Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
    3. Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional
      1. Kurikulum SMP KAHURIPAN Lembang Tahun Pelajaran 2009/2010
      2. Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2009/2010
  1. C.   Maksud dan tujuan

Dalam rangka pemerataan serta meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh, Ujian Akhir Semester  bermaksud untuk :
  1. Penentuan hasil belajar siswa
  2. Pertimbangan dalam kenaikan kelas
    1. Umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran
Dan mempunyai tujuan
  1. Mengukur pencapaian hasil belajar siswa  sesuai dengan standar  kemampuan lulusan.
  2. Mengukur mutu pendidikan.
  3. Mempertanggungjawabkan program kepada masyarakat dan pemerintah.
  1. D.   Sistematika

Buku program Penyelenggaraan Ujian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010 yang menjadikan acuan dalam setiap langkah pelaksanaannya disusun berdasarkan sistematika sebagai berikut :
BAB I:PENDAHULUAN, menuangkan tentang latar belakang, Dasar/Landasan Hukum, Maksud dan Tujuan serta Sistematika Penyusunan Program Ujian Nasional.
BAB II:PANDUAN UJIAN NASIOANAL, menuangkan tentang Peserta ujian, Penyelenggara Ujian, Bahan Ujian, Pelaksanaan Ujian, Pemeriksaan Hasil Ujian, Kelulusan dan Ijazah, Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan, serta Jadwal Kegiatan UAS.
BAB III:PENGORGANISASIAN, menuangkan tentang Pengorganisasian Personil, dan Pengorganisasian Siswa.
BAB IV:PEMBIAYAAN, menuangkan tentang rencana sumber penerimaan dana dan perincian rencana pengeluarannya.
BAB V:PENUTUP, menuangkan tentang kesimpulan dari keseluruhan program dan saran-saran bagi pelaksanaan kegiatan pendidikan secara keseluruhan agar tercapai hasil pendidikan semaksimal mungkin.













BAB II PANDUAN UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

  1. A.   Peserta ujian
  2. Peserta Ujian Akhir Semester Genap  SMP Kahuripan adalah siswa SMP KAHURIPAN Lembang Kelas VII dan VIII.
  3. Peserta Ujian Akhir semester adalah  peserta yang sesuai dengan mekanisme pembelajaran Tahun Pelajaran 2009/2010.
  1. B.   Panitia Ujian
  2. Panitia Ujian
Panitia ujian Akhir Semester Genap tahun Pelajaran 2009/2010 adalah panitia yang diberi tugas sesuai dengan keputusan dari kepala sekolah SMP KAHURIPAN Lembang.
  1. Organisasi Panitia Ujian
Organisasi Penyelenggara Ujian SMP KAHURIPAN Lembang terdiri dari unsur  PKS, guru dan staf SMP KAHURIPAN.  Susunan (terlampir)
  1. C.   Bahan Ujian
  2. Mata Pelajaran Yang diujikan
Mata Pelajaran yang diujikan meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan sampai semesters genap,sesuai dengan kurikulum yang dilaksanakan di sekolah.
Mata Pelajaran yang diujikan terlampir. Mata Pelajaran diujikan dalam Ujian Akhir Semester (UAS), termasuk ujian praktik pada mata pelajaran Kesenian ,Penjaskes dan BTA. Jenis penilaian untuk masing-masing mata pelajaran dapat dilihat pada table berikut.
Daftar Mata Pelajaran UAS Genap
Tahun Pelajaran 2009/2010
No.
Mata Pelajaran
Ujian Akhir Semester
Ket
Praktik
Tertulis
1
Pendidikan Agama
V
2
Pend. Kewarganegaraan
V
3
Bahsa Indonesia
V
4
Matematika
V
5
Bahasa Inggris
V
6
IPA
V
7
IPS
V
8
Seni Budaya
V
9
Penjas Orkes
V
10
TIK
V
11
Bahasa dan Sastra Sunda
V
12
BTA
V
  1. Mata Pelajaran yang dinilai Pendidik
Pendidik menilia aspek afektif melalui pengamatan pada krlompok pelajaran :
  1. Agama dan Akhlak Mulia
  2. Kewarganegaraan dan Kepribadian
  3. Estetika
  4. Jasmani, olahraga dan Kesehatan
  1. Penilaian Muatan Lokal
Penilaian Muatan Lokal melalui ujian praktik dan/atau tertulis, atau melalui penilaian akhir dengan mempertimbangkan hasil-hasil penilaian oleh pendidik sesuai karakteristik  mata pelajaran yang bersangkutan.
  1. Penyiapan Bahan Ujian Akhir Semester
    1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
SKL Tahun Pelajaran 2009/2010 sesuai dari pokok bahasan KTSP, SK dan KD pada KTSP, dan Standar Isi.
  1. Penyusunan Naskah Soal
Penyusunan naskah soal UAS dilakukan oleh MGMP Sekolah. Naskah soal setiap mata pelajaran dibuat dengan jumlah butir soal dan alokasi waktu sebagai berikut
Daftar Mata Pelajaran UAS Genap
Tahun Pelajaran 2009/2010
No.
Mata Pelajaran
Jumlah Butir
Alokasi Waktu
PG
Essay
1
Pendidikan Agama
40
5
80 Menit
2
Pend. Kewarganegaraan
40
5
80 Menit
3
Bahsa Indonesia
40
5
120 Menit
4
Matematika
40
5
120 Menit
5
Bahasa Inggris
40
5
120 Menit
6
IPA
40
5
120 Menit
7
IPS
40
5
80 Menit
8
Seni Budaya
40
5
80 Menit
9
Penjas Orkes
10
TIK
40
5
80 Menit
11
Bahasa dan Sastra Sunda
40
5
80 Menit
12
BTA
  1. Penggandaan dan Pendistribusian Bahan UAS
Penggandaan soal uas merupakan tanggung jawab Gugus
  1. Penyiapan Bahan Ujian Semester Genap
Penyusunan Spesifikasi Soal/Kisi-Kisi
Spesifikasi soal atau kisi-kisi Ujian Akhir Semester Genap disusun oleh masing-masing MGMP dan atau gugus sekolah sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah.
Spesifikasi soal ujian sekolah mengacu pada SKL mata pelajaran yang tertuang dalam permen No.23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Standar Kompetensi Lulusan dan spesifikasi soal untuk mata pealajaran lain yang merupakan cirri khas sekolah, dirumuskan oleh sekolah.
  1. D.   Pelaksanaan Ujian
  2. Waktu Pelaksanaan Ujian
    1. Ujian Semester Genap
No
Pelaksanaan,Hari/Tanggal
Mata Pelajaran
Waktu
1
Senin
7 Juni 2010
Bahasa Indonesia
P. Agama Islam
07.30 – 09.00
09.30 – 11.00
2
Selasa
8 Juni 2010
IPA
P. Kewarganegaraan
07.30 – 09.30
10.00 – 11.30
3
Rabu
9 Juni 2010
Bahasa Inggris
TIK
07.30 – 09.30
10.00 – 11.30
4
Kamis
10 Juni 2010
IPS
Bahasa Sunda
07.30 – 09.00
09.30 – 11.00
5
Jum’at
11 Juni 2010
Matematika
Seni Budaya
07.30 – 09.30
10.00 – 11.00

  1. Ruang Pelaksanaan Ujian
Ruang Pelaksanaan Ujian (terlampir)
  1. Jadwal Pengawasan Ujian
Jadwal pengawasan Ujian (terlampir)
  1. Tata Tertib Peserta Ujian dan Pengawas Ujian
Tata Tertib Peserta Ujian (terlampir)

  1. E.    Pemeriksaan Hasil Ujian
  2. Pemeriksaan Hasil Ujian Akhir Semester Genap
    1. Pengumpulan Hasil UAS Genap
Pengumpulan hasil UAS Genap disesuikan dengan mekanisme yang tertera dalam juknis UAS Genap Tahun Pelajaran 2009/2010.
  1. Pengolahan Hasil UAS Genap
Pengolahan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran.
  1. Pemeriksaan  Hasil UJian Praktek
    1. Pemeriksaan dan Penilaian
Pemeriksaan dilakukan oleh tim guru dengan memperhatikan juknis UAS Genap.
  1. Daftar Nilai Ujian
Daftar nilai hasil ujian diterbitkan oleh sekolah penyelenggara
  1. F.    Kenaikan Kelas
  2. Kenaikan Kelas
    1. Siswa dinyatakan Naik Kelas jika, memenuhi Kriteria Kenaikan Kelas, yaitu memiliki nilai rapor semua aspek pada semua mata pelajaran samapai semester 2 kelas yang bersangkutan.
    2. Siswa dinyatakan Naik Kelas apabila telah mencapai ketuntasan belajarr dengan mencakup seluruh standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indicator pada masiung-masing mata pelajaran..
    3. Kriteria Kenaikan Kelas
Peserta didik dinyatakan  naik kelas  memenuhi kriteria sebagai berikut :
  1. Berkelakuan baik sesuai dengan standar penilaian sekolah
  2. Prosentase kehadiran sekurang-kurangnya  75 % kecuali dengan alas an tertentu.
  3. Memiliki nilai rapor semua aspek pada semua mata pelajaran samapai semester 2 kelas yang bersangkutan.
  4. Telah mencapai ketuntasan belajarr dengan mencakup seluruh standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indicator pada masiung-masing mata pelajaran.
  1. Rapat Kenaikan Kelas
Penentuan kenaikan kelas peserta didik akan ditentukan melalui rapat kenaikan sekolah pada tanggal 23-24 Juni 2010.
  1. Pembagian Raport
Pembagian Raport akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2010

  1. G.   Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan
  2. Pemantauan dan Evaluasi
Pemantauan, evaluasi UAS dilakukan oleh Kabupaten, serta Sekolah sesuai dengan tugas dan kewenangannya.
  1. Pelaporan
Laporan penyelenggara ujian memuat informasi tentang penyiapan bahan, pelaksanaan ujian, penetapan batas lulus ujian, pengawas ujian, pemeriksaan ujian, permasalahan dan upaya pemecahannya serta laporan hasil ujian yang mencakup nilai ujian setiap siswa dan rata-rata nilai tiap mata pelajaran.
  1. H.   Jadwal Kegiatan UN/US.
Jadwal Kegiatan
No.
Uraian Kegiatan
Waktu Mulai
Pen. Jawab
1.
Persiapan/Perencanaan
  1. Rapat Pembentukan Panitia
  2. Menyusun rincian tugas Operasional Panitia
  3. Penyampaian informasi kepada guru
  4. Menginventarisir data peserta, ruang dan pengawas
  5. Menyiapkan format administrasi pelaksanaan
  6. Menyusun rencana kegiatan Ujian Praktek
  7. Pembuatan Buku Program
  8. Pelaksanaan Ujian Praktek
  9. Persiapan Ruang Tes
10 Mei 2010
12 Mei 2010
13 Mei 2010
15 Mei 2010
17 Mei 2010
20 Mei 2010
21-23 Mei 2010
14-15 Juni 2010
3-5 Juni 2010
Kepala Sekolah
Ket/Sekretaris
Bid. Kurikulum
Bid. Kurikulum
Bid. Kurikulum
Sekretaris
Sekretaris
Anggota 1
Panitia/Staf TU
2.
Pelaksanaan
  1. Ujian Akhir Semester
  2. Ujian Praktek
7-12 Juni 2010
14-15 Juni 2010
Panitia
Panitia
3.
Pengolahan Nilai Ujian Praktek
  1. Pengolahan Nilai
  2. Rekap hasil Ujian Praktek
7-19 Juni 2010
21-23 Juni2010
Guru
Panitia
4.
Pemeriksaan Ujian Akhir Semester Genap
  1. Penyerahan Hasil Ujian kepada panitia
  2. Pemeriksaan Hasil Ujian
  3. Rekap Nilai Hasil Pemeriksaan
  4. Pengiriman Rekap Nilai Ke wali kelas
10-19 Juni 2010
7-19 Juni 2010
21-23 Juni 2010
23-24 Juni 2010
Panitia
Pemeriksa
Panitia
Panitia
5.
Nilai hasil Ujian
  1. Penyerahan Hasil Ujian
  2. Nilai Raport
  3. Rapat Kenaikan
  4. Pembagian Raport
7-19 Juni 2010
21-23Juni 2010
23-24 Juni 2010
25 Juni2010
Guru
Guru
Seluruhnya
Guru Kelas
6.
Pelaporan
Laporan Hasil kegiatan
30 Juni 2010
Kepala Sekolah

BAB III PENGORGANISASIAN
  1. A.   Pengorganisasian Personil

  1. 1.      Susunan  Panitia
Susunan kepanitiaan Penyelenggaraan Ujian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010 sebagai berikut :
No.
NamaJabatan Dalam Kepanitian
1
Yudi Kustiana, S.Pd.Ketua
2
Topan PanjiSekretaris
3
Achmad RomliBendahara
4
Dede RukmanaAnggota 1
5
Yayus Hidayatulloh, S.Pd.Anggota 2
6
Iin Surtiah, S.Pd.Anggota 3
7
Ahmad SaepulohAnggota 4
  1. 2.      Organigram/Struktur Organisasi
Struktur Organisasi penyelenggara Ujian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah sebagai berikut :
KETUA
Yudi Kustiana, S.Pd.
ANGGOTA :
  1. Dede Rukmana
  2. Yayus Hidayatulloh, S.Pd.
  3. Iin Surtiah, S.Pd.
  4. Ahmad Saepuloh, S.Pd.
BENDAHARA
Achmad Romli
SEKRETARIS
Topan Panji
  1. 3.      Rincian Tugas Operasional Panitia
  • KETUA
Yudi Kustiana,S.Pd.
Tugas :
  1. Mengadakan rapat dinas
  2. Mendelegasikan tugas kepada anggota Panitia yang ditunjuk
  3. Menyampaikan informasi terkait
  4. Monitoring dan supervise kegiatan
  5. Mempertanggung jawabkan seluruh kegiatan

  • SEKRETARIS
Topan Panji Pergola
Tugas :
  1. Menyiapkan berbagai format baku untuk pelaksanaan UAS
  2. Menyusun jadwal UAS
  3. Menyusun jadwal UAS
  4. Menyiapkan Naskah/ dokumen tes
  5. Pendataan peserta Ujian Akhir Semester dan Ujian Praktek
  6. Pendistribusian peserta kedalam ruang tes
  7. Pendistribusian pengawas kedalam ruang tes
  8. Mendata kehadiran peserta tes
  9. Mendata kehadiran pengawas
  10. Menindaklanjuti informasi dari ketua
  11. Menyiapakan bahan terkait untuk pelaporan
  12. Bertugas mewakili Ketua dalam memberikan kebijakan pada saat yang sangat mendesak/mendadak
  • BENDAHARA
Achmad Romli
Tugas :
  1. Menyiapkan format-format biaya program dan SPJ-nya
  2. Bersama-sama ketua dan sekretarisnya merencanakan anggaran biaya pelaksanaan
  3. Mengelola kerumahtanggaan /konsumsi pengawas dll.
  4. Serah terima naskah soal / lembar jawaban UAS
  5. Pelayanan Umum
  6. Koordinator Persiapan Konsumsi
  • ANGGOTA 1
Dede Rukmana
Tugas :
  1. Bertanggung jawab pada pembagian KPU oleh wali kelas
  2. Bertanggung jawab pada kegiatan serah terima soal dan lembar jawaban siswa (LJK)
  3. Mendata kehadiran peserta UAS dan Pengawas
  4. Koordinator pelaksanaan  UAS
  5. Koordinator pengolahan dan pengumpulan hasil UAS
  6. Koordinator persiapan, penempelan nomor bangku, denah tempat duduk dll.
  7. Bertanggung jawab persiapan pembuatan denah
  8. Pelayanan Umum.
  • ANGGOTA 2
Yayus Hidayatulloh, S.Pd.
Tugas :
  1. Memonitoring pembagian KPU oleh wali kelas
  2. Bertanggung jawab pada kegiatan serah terima naskah soal dan lembar jawaban siswa (LJK)
  3. Mendata kehadiran siswa dan pengawas
  4. Koordinator persiapan, penempelan nomor bangku, denah tempat duduk dll.
  5. Pelayanan Umum
  • ANGGOTA 3
Iin Surtiah, S.Pd.
Tugas :
  1. Mendata kehadiran peserta, pengawas, panitia UAS
  2. Membantu tugas umum sekretaris
  3. Sebagai mediataor antara penanggung jawab ataupun dengan ketua
  4. Pelayanan Umum
  • ANGGOTA 4
Ahmad Saepuloh
Tugas :
  1. Mempersiapkan ruangan
  2. Membuat denah, menempel nomor ruangan, nomor bangku peserta dan jadwal pengawas untuk ditempel di ruang Panra.
  3. Mengambil dan menyerahkan kembali soal serta LJK siswa ke Panra
  4. Pelayanan Umum
  5. Membantu tugas umum sekretaris
  6. 4.      Daftar Guru Yang Diberi Tugas Mengawas UAS
No.
Nama Guru
Ruang
Keterangan
1
Rasdiman Nandang, S.Pd.
Terlampir
2
Yaya Sutarya
Terlampir
3
Tatan Supriatna, S.Pd.
Terlampir
4
Iin Surtiah, S.Pd.
Terlampir
5
Sri Widjajati, S.S.
Terlampir
6
Mimi Karmini
Terlampir
7
Yudi Kustiana, S,Pd.
Terlampir
8
Sholehkun Kodir
Terlampir
9
Dede Siti Juariah, S.Pd.
Terlampir
10
Nining Yustiana, S.Pd.
Terlampir
11
Tatan Supriatna, S.Pd.
Terlampir
12
Yayus, S.Pd.
Terlampir
13
Dadang, S.Pd.
Terlampir
14
Sekarwita, S.Pd.
Terlampir
15
Dede Rukmana
Terlampir
16
Pupun, S.Pd.
Terlampir
17
Topan Panji Pergola
Terlampir
18
Doni Sihabbudin
Terlampir
  1. B.   Pengorganisasian Siswa
    1. Jumlah Peserta Ujian Akhir Semester Genap
Peserta Ujian Akhir Semester Gena Tahun Pelajaran 2009/2010 tediri dari siswa-siswi SMP KAHURIPAN.
Berdasarkan data keadaan siswa terakhir, maka jumlah peserta Ujian Akhir Semester Gena Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah sebagai berikut :
Untuk jumlah peserta Ujian Akhir Semester Genah sebanyak 277 orang diperlukan ruang ujian sebagai berikut :
No. Ruang
Nomor Peserta
Jumlah
01
08107001 – 08107020 & 08108001 – 08108020
40
02
08107021 – 08107040 & 08108021 – 08108040
40
03
08107041 – 08107060 & 08108041 – 08108060
40
04
08107061 – 08107080 & 08108061 – 08108080
40
05
08107081 – 08107100 & 08108081 – 08108100
40
06
08107101 – 08107120 & 08108101 – 08108120
40
07
08107121 – 08107130 & 08108121 – 08108147
37
Total
277
Yang dikuti oleh :
Kelas VII  berjumlah 130 Siswa
Kelas VIII berjumlah 147 Siswa
  1. Ruang Ujian
Untuk memenuhi sejumlah peserta sebagaimana tersebut di atas didistribusikan ke dalam 7 ruang ujian.
Ruang 01 dan 05
Pengawas
   7001    8001
7081    8081
7010    8010
7090     8090
7011    8011
7081    8081
7020    8020
7100    8100
7002    8002
7082    8082
7009     8009
7089    8089
7012     8012
7092     8092
7019    8019
7099    8099
7003     8003
7083     8083
7008     8008
7088     8088
7013     8013
7093    8093
7018     8018
7098     8098
7004      8004
7084      8084
     7007     8007
7087     8087
7014     8014
7094     8094
7017   8017
7097   8097
7005      8005
7085     8085
7006     8006
7086     8086
7015    8015
7095    8095
7016     8016
7096     8096
Ruang 02 dan 06
Pengawas
7021    8021
7101    8101
7030    8030
7110     8110
7031    8031
7111    8111
7040    8040
7120   8120
7022   8022
7102   8102
7029    8029
7109   8109
7032     8032
7112    8112
7039    8039
7119    8119
7023     8023
7103     8103
7028     8028
7108    8108
7033    8033
7113    8113
7038     8038
7118     8118
7024    8024
7104    8104
7027    8027
7107   8107
7034    8034
7114     8114
7037    8037
7117     8117
7025     8025
7105   8105
7026     8026
7106     8106
7035    8035
7115    8115
   7036    8036
     7126    8116
Ruang 03 dan 07
Pengawas
7041    8041
7121    8131
7050     8050
7130     8139
7051    8051
8121   8140
7060   8060
8130  8147
7042   8042
7122   8132
7049    8049
7129   8138
7052     8052
8122    8141
7059    8059
8129    8146
7043     8043
7123     8133
7048     8048
7128    8137
7053    8053
8123    8142
7058     8058
8128     8145
7044    8044
7124    8134
7047     8047
7127     8136
7054    8054
8124    8143
7057    8057
    8127    8144
7045     8045
7125    8135
7046    8046
7126
7055    8055
8125
   7056    8056
8126
Ruang 04
Pengawas
7061     8061
7070     8070
7071    8071
7080   8080
7062   8062
7069    8069
7072     8072
7079    8079
7063     8063
7068     8068
7073    8073
7078     8078
7064    8064
7067     8067
7074     8074
7077    8077
7065     8065
7066     8066
7075    8075
7076     8076
BAB IV PEMBIAYAAN
  1. I.      Penerimaan
Pembiayaan Kegiatan Ujian Nasional bersumber dari :
1.Dana BOS SMP KAHURIPAN Lembang
12.828.000,00
JUMLAHRp.
12.828.000,00
  1. II.    Rencana Pengeluaran
    1. A.     PERSIAPAN
1.Pendataan Peserta Ujian Akhir SemesterRp.
150.000,00
2.Penyusunan Program KerjaRp.
100.000,00
3.Persiapan UASRp.
150.000,00
  1. B.     SOSIALISASI UJIAN NASIONAL
1.Transport dan Konsumsi Rapat SosialisasiRp.
625.000,00
2.Transport Panitia Per. Penyusunan ProgramRp.
350.000,00
  1. C.      PELAKSANAAN
1Ujian Akhir Semester Genap
a.Alat Tulis KantorRp.
300.000,00
b.Pembelian NaskahRp.
3.848.000,00
c.Jasa
1). Tranport PengawasRp.
1.600.000,00
2). PemeriksaanRp.
1.480.000,00
3). Pengolahan Hasil Ujian NasionalRp.
1.000.000,00
4). KonsumsiRp.
500.000,00
5). Transport PanitiaRp.
1.050.000,00
6). Transport Tata UsahaRp.
200.000,00
7). MonitoringRp.
300.000,00
8). Rapat KenaikanRp.
625.000,00
9). Penulisan RaportRp.
450.000,00
10). Pelaporan dan OperasionalRp.
100.000,00
JUMLAHRp.
12.828.000,00
  1. III.      REKAPITULASI
1.PENERIMAANRp.
12.828.000,00
2.PENGELUARANRp.
12.828.000,00





BAB V PENUTUP
  1. A.   Kesimpulan
Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010 akan mencapai hasil maksimal apabila :
  1. Dalam pelaksanaannya mengacu aturan-aturan yang dikeluarkan secara vertikal dari pihak yang terkait, disertai bimbingan dan arahan Pengawas Pembina.
  2. Seluruh komponen edukatif dan administrasi dapat bekerja sama yang baik dan melaksanakan tugas dan fungasi masing-masing secara maksimal.
  3. Tersedia fasilitas dan dana yang memadai.
  4. Diberikan waktu yang cukup dalam mengantisifasi bagian demi bagian serta seluruh kegiatan

  1. B.   Saran-saran
Demi tercapainya hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapakan dengan ini kami memberikan saran-saran agar koordinasi dan pembinaan kepada seluruh komponen penyelenggara pendidikan lebih ditingkatkan lagi. Perlu adanya pembenahan yang lebih efisien dalam memberikan atau menyampaikan berita sehingga kami sebagai pelaksana dapat mengantisipikasi informasi yang yang lebih pasti danlebih akurat dalam melaksanakan setiap kegiatan agar tidak terjadi kesalahpahaman ataupun benturan yang tidak diinginkan.













Lampiran-lampiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar